Cara Rubah HP Jadi Wifi Hotspot

Posted on

Berkembangnya teknologi tentu dibarengi dengan kemajuan gadget yang selalu menyertai kehidupan kita. Dan salah satu fasilitas yang diberikan berbagai macam Smartphone yang beredar adalah kemampuan untuk membagi wifi dengan teman, saudara, dan kolega hanya melalui smartphone yang kita miliki.
Pada dasarnya, Smartphone yang beredar, baik itu Android ataupun IOS sudah dilengkapi fasilitas “WIFI Portable” bawaan pabrik, namun beberapa smarphone Wifi Portabele itu tidak berjalan sesuai harapan, akibatnya kita memerlukan pihak ketiga untuk menunjang HP kita menjadi Wifi Hotspot. Kali ini penulis coba memaparkan beberapa Sofware penunjang yang bisa merubah hp jadi wifi hotspot dan memberikan kemudahan untuk kita beraktifitas.
Pada dasarnya Wifi Portable memberikan banyak manfaat bagi mereka yang menghabiskan waktu diluar dan jauh dari jaringan internet, hanya bermodal Smartphone yang kitaa miliki dan PC/laptop yang memiliki fasilitas wifi, kita dengan mudah memanfaatkan Wifi Portable. 
Sejatinya secara Default, Wifi Portabel sudah tertanam sejak Smartphone tersebut di luncurkan, kebanyakanya kita bisa menggunakannya langsung mengakses, lihat seperti gambar dibawah.
Nah jika kalian ingin memanfaatkan aplikasi pihak ketiga, penulis mempunyai beberapa referensi yang mungkin bisa digunakan ubah hp jadi wifi hotspot, diantaranya :

FoxFi

Aplikasi ini tersedia di Google Play, silahkan unduh, dan tersedia yang gratisan, kalaupun ingin full Version, pengembangnya memberikan discount sehingga harganya hanya U$$ 7,95 saja, dan tentunya kita bisa memaksimalkan aplikasi ini. Keunggulan Foxfi bisa berjalan di android mulai dari 2.2 hingga 4.2, jadi sangat kecil kemungkinan Foxfi tidak berjalan diperangkat anda.
  1. SSelesai Unduh, pasang FoxFI di Smartphone anda, jika berhasil tampilan awalnya seperti gambar dibawah ini. 

  2.  Buka Aplikasi dan ada tiga pilihan yang tersedia, jika kita ingin langsung menggunakannya tanpa pengaturan nama dan pasword, tentunya keadaan itu memaksa kita untuk melihat Pasword yang diberikan secara Default oleh FoxFi. 

  3. Untuk merubah nama Wifi, tetang masuk di Foxfi dan silakan ganti nama Default sesuai keinginan anda, semisal “Hapeku”, Wifikubro” dan lainya sesuai keinginan.
  4. Masih di FoxFi untuk merubah Pasword Defaultsilahkan dan masukan pasword sesuai keinginan anda setelahnya

Open Garden

Open Garden merupakan salah satu aplikasi yang memungkinkan seseorang bisa berbagi wifi hotspot diberbagai perangkatnya semisal laptop, PC, Tablet, dan Smartphone. Sama dengan Fokfi, Open garden juga bisa kita dapatkan secara gratis di Google Play, jika anda ingin menggunakannya silahkan langsung unduh di Google Play di Smartphone anda.
Ada perbedaan mendasar saat menggunakan Open Garden dan foxfi, saat menggunakan Foxfi tidak ditemukan pembatasan pemakaian kouta internet sehingga kita tidak bisa melakukan kontrol, sementara Open Garden penggunanya bisa melakukan kontrol dan pembatasan pemakaian. Di Open Garden juka kita bisa mengetahui beberapa perangkat yang memanfaatkan wifi kita, dengan begitu kita dengan mudah lakukan kontrol bila ada user yang memang tidak kita inginkan. Berikut cara memasang dan menggunakan Open Garden
  1.  Unduh “Open Garden” di Google Play. Setelah Unduhan selesai, jalankan Open Garden, dan jika berhasil tampilan layar di Smarphone anda akan seperti ini, dan tahap pertama silakan pilih apakah untuk menghidupkan “Bluetooth atau tidak, jika ingin >Pilih “Allow” jika tidak mau menggunakan Bluetooth  >Pilih “Deny”kali ini saya memilih mengabaikannya, dan saya pilih “Deny”. 

  2.  Anda akan dibawa ke Home Screen, langsung saja “Next” warna hijau di kolom kanan paling bawah hingga muncul “Finish”
  3. Selanjutnya anda diminta “login” menggunakan Facebook, silahkan anda memilih sesuai keinginan, apakah ingin login menggunakan Facebook atau mengabaikannya, jika anda mengabaikannya tekan “Skip” dikanan bawah.
  4. Sampai disini kita belum bisa “Share” keperangkat laiinya, untuk bisa share, kita harus lakukan pemasangan diperangkat yang kita inginkan, semisal anda ingin berbagi Wifi dengan PC yang kita inginkan, kita harus memasang Open Garden di PC kita dan seterusnya. 
  5.  Jika sudah memasang dibeberapa perangkat yang kita inginkan, selanjutnya tekan “Connect” dan hubungkan beberapa perangkat yang sudah kita pasang open Garden sebelumnya, lihat gambar dibawah
6.       OK…!!! sampai disini kita sudah bisa memanfaatkan Open Garden dan dan kita bisa memanfaatkan hp kita sebgai wifi hotspot
Sama dengan Foxfi dan Open Garden, Portable Wi-fi Hotspot juga bisa rubah hp jadi wifi hotspot, dan tersedia di Google Play, jika ingin menggunakannya langsung saja unduh. Setelah pengunduhan selesai, langsung saja jalankan aplikasi. Interface Portable Wi-fi Hotspot sedikit menarik dan kaya warna, bagi yang pertama kali menggunakannya berikut bagaimana melakukan pengaturan sehingga bisa digunakan
  1. Seperti biasa, kita harus Unduh, dan saya ingatkan karena ini gratisan lebih baik langsung mengunduh di google Play untuk menghindari kemungkinan terjadinya bug dalam aplikasi tersebut.
  2. Jalankan “Portable Wi-fi Hotspot” untuk pertama kalinya, lebih baik kita melakukan pengaturan terlebih dahulu untuk nama wifi dan pasword, untuk melakukan pengaturan sila >klik “Gambar Obeng dalam lingkaran Merah” kita akan dibawa ke “Set Up Wi-fi Hotspot” masukan nama wifi yang kita kehendaki di >”Network SSID”. Abaikan saja untuk pengaturan >”Security” dalam keadaan Default“WPA/WPA2 PSK”. Masukan pasword sesuai keinginan anda di >”Pasword” dan tekan “Save” untuk menyimpan perubahan yang sudah dilakukan.
  3. Untuk menghidupkan dan mematikan Portable Wi-fi Hotspot ini cukup menekan “Wi-fi AP status DISABLED” dan sebaliknya jika ingin menghidupkan kembali tekan kembali hingga muncul pesan “Wi-fi AP ENABLED”
Dan masih banyak aplikasi yang bisa merubah hp kita menjadi wifi hotspot, dan kebanyakan merupakan aplikasi gratisan yang dengan mudah diunduh di Google Play atau bebepara website penyedia content yang tersebar di lini masa, silakan anda yang memilih.
Pada dasarnya penggunaan aplikasi wifi portable sama, dan menurut penulis lebih baik rubah hp menjadi wifi hotspot disaat kita benar-benar memerlukan, seadainya area wifi masih terjangkau, tidak ada salahnya kita menggunakan fasilitas tersebut. Ini dilakukan untuk menghemat biaya data yang kita gunakan.

Terima Kasih Anda Sudah Membantu menyebarkan Tulisan ini

http;//www.sugengmu.org

JOIN OUR NEWSLETTER
Join over 3.000 visitors who are receiving our newsletter and learn how to optimize your blog for search engines, find free traffic, and monetize your website.
We hate spam. Your email address will not be sold or shared with anyone else.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *