Guru Honorer Kota Pontianak Pertanyakan Nasib

Posted on

Sugeng Mulyono

Ketua Asosiasi Guru Honorer Kota Pontianak, A. Fikri, SPd, menilai penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Pontianak tahun anggaran 2007/2008 sama sekali tidak berpihak kepada guru Honorer.

“Nasib guru honorer semakin tak jelas,” katanya, mengadu ke kantor Redaksi Borneo Tribune, Kamis (27/12) kemarin.

Fikri sangat kecewa terhadap keputusan yang diambil pemerintah Kota Pontianak. Ia merasa loyalitas dan dedikasi yang diberikan kepada pemerintah ternyata berbanding terbalik dengan komitmen pemerintah Kota Pontianak untuk meningkatkan kesejahteraan para guru honorer ini. Terbukti dengan tidak adanya formasi pengangkatan untuk guru honorer kali ini. Pria berkacamata ini merasa dizalimi karena hingga sekarang tidak ada kepastian mengenai status mereka. Padahal beberapa waktu yang lalu Presiden Rebuplik Indonesia telah menyampaikan amanatnya, dimana paling lambat 2009 semua guru honorer, guru tidak tetap dan guru bantu harus sudah diangkat sebagai CPNS.

Dia dan beberapa temannya menyayangkan apabila guru honorer, guru tidak tetap yang tebukti telah turut membantu mencerdaskan kehidupan bangsa harus tergerus kebijakan yang tidak bijaksana. Padahal guru-guru ini mempunyai potensi memajukan pendidikan di Kota Pontianak harus lari ke daerah lain.

Senada dengan Fikri, sekretaris Assosiasi Guru Honorer Kota Pontianak, Revi Rahmat, ST menyarankan kepada Pemerintah Kota Pontianak kalau sekarang sudah saatnya status guru dipertegas. ”Apakah nasib guru honorer maupun guru tidak tetap dan guru bantu termasuk dalam daftar yang akan diangkat sampai dengan tahun 2009 atau tidak?” katanya. Ia berjanji akan melakukan aksi jika masalah ini tidak segera direalisasikan oleh Pemerintah Kota Pontianak

Sementara itu di sela-sela kegiatan pengambilan kartu test CPNS untuk Kota Pontianak, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pontianak Drs. Hasani Syam menanggapi permasalahan yang menimpa guru honorer dan guru tidak tetap serta guru bantu. Dengan tegas ia mengatakan, berdasarkan PP No.48 Tahun 2005 Tenaga honorer termasuklah guru honorer, guru tidak tetap dan guru bantu yang akan diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil adalah tenaga honor yang selama ini dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) atau Anggaran Belanja Daerah (APBD).

Jadi guru honorer yang diangkat kepala sekolah dan komite sekolah tidak termasuk dalam database. Akibatnya mereka bukan merupakan prioritas. Tetapi ia meminta mereka bersabar, karena ketika 610 tenaga honorer yang dibiayai APBN/APBD telah menjadi pegawai semua sampai tahun 2009, maka pemerintah juga akan mengangkat mereka-mereka yang tadinya tidak masuk dalam prioritas ini.

Untuk formasi 2007 ini baru ada 63 tenaga honorer yang diangkat dan segera menyusul 200 tenaga honorer yang diangkat untuk 2007, selebihnya akan dilakukan secara bertahap hingga 2009.

Salah satu guru honorer SMA 2 PGRI Pontianak, Nina Zaerina Isnaeni, S Kom sangat berharap bisa diangkat menjadi PNS. Karena tiga tahun mengajar, penghasilannya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan yang terus meningkat. Tapi ia tidak mempersoalkan itu, karena menurutnya yang terpenting status harus jelas.

Ia berjanji tetap mengajar meski status PNS yang diinginkan tak tercapai. ”Karena mengabdi sebagai guru adalah tugas yang mulia. Dari gurunlah lahir penguasa dunia, dari gurulah kesejahteraan tercapai,” ujarnya diplomatis.

Lain pula dengan guru SMA I Tebas Kabupaten Sambas, Gunawan. Selama ini merasa enjoy aja menjadi guu honorer, meskipun menurutnya hasil yang didapatkan kurang. Tapi sebagai orang yang peduli Sumber Daya Manusia (SDM), kemajuan SDM itu berpunca dari maju tidaknya pendidikan. Oleh karena itu dia akan terus mengajar meski hanya sebagai guru tidak tetap atau honorer.(Publish at Borneo Tribune, Pontianak 28/12/07)

Terima Kasih Anda Sudah Membantu menyebarkan Tulisan ini

http;//www.sugengmu.org

JOIN OUR NEWSLETTER
I agree to have my personal information transfered to AWeber ( more information )
Join over 3.000 visitors who are receiving our newsletter and learn how to optimize your blog for search engines, find free traffic, and monetize your website.
We hate spam. Your email address will not be sold or shared with anyone else.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *