Jenis- Jenis Semen Tahan Api

Posted on

Sumber Foto : Semen Tahan Api

Semen tahan api atau biasa dikenal dengan nama fire mortar memang tidak bisa lepas dari dunia konstruksi. Material konstruksi yang satu ini memang tergolong ke dalam jenis material khusus. Semen tahan api ini tentunya berbeda dengan semen biasa. Harga jual semen tahan api dengan semen biasa pun berbeda.

Semen biasa digunakan untuk memplester, menambal, dan melakukan pengecoran. Berbeda halnya dengan semen tahan api ini. Semen tahan api justru berfungsi untuk memenuhi kebutuhan industri seperti perbaikan atau pembangunan boiler, peleburan logam, hingga pembuatan furnance. Untuk mendapatkan kedua jenis semen ini sebenarnya tidak sulit karena ada banyak toko jual semen tahan api ataupun semen biasa. Agar Anda tidak bingung memilih semen tahan api mana yang ingin dibeli, berikut jenis-jenis fire mortar yang harus Anda ketahui:

1.       Technocast Mortar SK-32

Untuk semen tahan api jenis ini penggunaanya pada  temperatur 1150o Celcius. Perbandingan idealnya adalah 200 hingga 260 kg semen tahan api per 1000 pcs bata tahan api. Komposisi kimia fire mortar jenis ini adalah AL2O3 : > 30%

2.       Technocast Mortar SK-34

Fire mortar  jenis ini dapat digunakan pada temperatur sebesar 1300o Celcius. Perbandingan idealnya ialah sebanyak 200 hingga 260 kg semen tahan api untuk 1000 pcs bata tahan api. Komposisi kimia untuk semen tahan api jenis ini adalah AL2O3 : > 40%

3.       Technocast Mortar SK-36

Untuk Technocast Mortar SK-36, penggunaannya yakni pada temperatur 1600o Celcius. Sementara kebutuhan materialnya yaitu 200 kg hingga 260 kg fire mortar untuk 1000 pcs bata tahan api. Kemudian untuk komposisi kimianya yaitu AL2O3 : > 50%

4.       Technocast Mortar SK-38

Jenis fire mortar yang terakhir ini komposisi kimianya adalah AL2O3 : > 60%. Semen tahan api jenis ini digunakan pada temperatur 1700o Celcius. Adapun untuk perbandingan kebutuhan materialnya yaitu 200 kg hingga 260 kg semen tahan api untuk 1000 pcs bata tahan api. 

Keempat jenis semen tahan api di atas hanya memiliki perbedaan pada komposisi kimia dan besaran temperaturnya. Masing-masing semen tahan api tersebut pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebelum memutuskan membeli semen tahan api, jangan lupa untuk mempertimbangkan harga jual semen tahan apidari beberapa toko. Semoga bermanfaat!

Terima Kasih Anda Sudah Membantu menyebarkan Tulisan ini

http;//www.sugengmu.org

JOIN OUR NEWSLETTER
Join over 3.000 visitors who are receiving our newsletter and learn how to optimize your blog for search engines, find free traffic, and monetize your website.
We hate spam. Your email address will not be sold or shared with anyone else.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *