Blog

Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia

Tampak Dalam Keraton Kadriah Pontianah
By. Bappeda Pontianak
Ke sungai Kapuas menangkap ikan
Pukat dan jale tolong siapkan
Kote Pontianak yang kite banggakan
Adat budaya jangan lupakan
Burong Enggang beranak banyak
Terbang jauh keliling kote
Gajah Mada tempat kumpulnye budak
Kopi pancong punye cerita
Mega Mall banyak budak budak
Beramai-ramai dengan si atun
Jangan ngaku orang Pontianak
Kalo tadak singgah ke alun-alun
Karya : Yudistira,


Pontianak, siapa yang tidak kenal kota yang satu ini, Berdiri sejak 23 Oktober 1771 M oleh Sultan Syarief Abdurrahman Alkadrie dan merupakan Raja Pertama Pontianak. Banyak sejarah perjuangan Indonesia lahir dari Kota yang tepat dilintasi garis Khatulistiwa. Penduduk Kota Pontianak Heterogen yang dihuni beberapa suku bangsa, dan saling hidup rukun.

Demografi Kota Pontianak

Jumlah penduduk Kota Pontianak mencapai 554.764 jiwa, Informasi terkini menjelaskan, Jumlah penduduk Kota Pontianak terdiri dari beberapa suku bangsa diantaranya
  • Tionghua 31,2%
  • Melayu 26,1%
  • Bugis 13,1%
  • Jawa 11,7%
  • Madura 6,4%

Baca Juga : Pontianak Kota Bersinar

Keragaman suku bangsa menghadirkan berbaagai macam kearifan dan budaya, seperti upacara sembahyang kubur (Cheng Beng) setiap tahunya dilaksanakan warga Tionghua Pontianak. Festival adat Melayu dan Gawai Dayak juga menjadi nilai budaya di Pontianak, dan tidak salah jika Pontianak kota wisata paling menarik di Indonesia.  Beberapa destinasi wisata yang wajib anda kunjungi saat berada di Pontianak, diantaranya;

Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa Pontianak. By inndit.com
Tugu ini merupakan tugu yang menjelaskan keberadaan Kota Pontianak tepat dilintas Garis Khatulistiwa yang membelah bumi menjadi bagian Utara dan Selatan. Dalam sejarahnya yang tertara dalan catatan di tugu menjelaskan bahwa sekira 1941 dari V. en. W oleh Opzichter Wiese Bijdragen tot de geographie dari Chef Van den topographischen dienst in Nederlandsch- Indië menjelaskan sekira tahun 1928 telah datang di Pontianak satu ekspedisi Internasional yang dipimpin oleh seorang ahli Geografi berkebangsaan Belanda untuk menentukan titik equator.
Setiap tahunnya antara bulan Maret dan September, Tugu Khatuslitiwa ramai dikunjungi wisatawan. Antara tanggal 20 bulan Maret dan September setiap tahunnya, matahari tepat berada di titik Khatulistiwa, bayangan sejajar sehingga tidak bisa dilihat, berbagai perayaan dilaksanakan selama titik kuliminasi berlangsung, Tugu yang berada di Pontianak Timur ini pun menjadi meriah dikunjungi wisatawan.

Sungai Kapuas

www.sugengmu.org
Sungai Kapuas. By. flickr.com
Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia yang mencapai 1.143 km. Urat nadi transportasi dan perekonomian berada di sungai, tidak heran jika sungai kapuas di Pontianak selau ramai, terlebih beberapa moda transportasi sungai mempermudah warga berpergian dari satu tempat ketempat yang lain menggunakan moda sungai.  Bagi wisatawan yang datang dan ingin menikmati kehidupan sungai kapuas bisa memanfaatkan beberapa moda transportasi, mulai dari perahu motor, speedbot, sampai fery penyeberangan, tentunya dengan harga bervariasi dan tidak menguras kantong kita. Selama mengitari sungai kapuas, kita akan disuguhkan keseharian kehidupan masyarakat yang tinggal ditepian sungai, mulai dari mencuci, mandi hingga memanfaatkan sungai untuk meningkatkan ekonomi dengan keramba ikan.

Meriam Karbit

www.sugengmu.org
Meriam Karbit. By. Pontianak.web.id
Sepanjang menyusuri Sungai Kapuas kita akan melihat batang pohon besar diameter 60 cm yang mocongnya langsung mengarah ke sungai, dalam satu kelompok terdiri dari tiga hingga 6 meriam. Merian itu sendiri terbuat dari pohon-pohon besar dan dlubangi sehingga isi kayu tersebut dibuang, biasanya panjangnya mencapai 2 hingga 3 meter untuk satu ukuran meriam.
Ketika memasuki malam 1 Syawal menanggalan Islam, setiap kampung sepanjang Sungai kapuas akan membunyikan meriam tersebut menggunakan karbit, bunyinya mencapai radius 5 kilometer untuk satu meriam, bisa kita bayangkan betapa menggelagarnya bunyian tersebut selama malam 1 Syawal itu. Keberadaan Meriam menjadi daya tarik tersendiri untuk menikmati malam lebaran di Pontianak. Kebisingan yang ditimbulkan menjadi kesan tersendiri bagi kita yang tidak pernah memainkannya, Berita Terbaru menjelaskan pemerintah Kota Pontianak juga sudah menetapkan permainan Meriam karbit untuk difestivalkan setiap tahunnya. Rugi rasanya tidak merasakan suasana perang dimalam lebaran di Pontianak.

Religi

www.sugengmu.org
Masjid Mujahiddin Pontianak. By. harnnas.co
Masih merasa kurang jika berada di Pontianak tidak mengunjungi beberapa tempat ibadah yang ada di Pontianak, Masjid Raya Mujahiddin dan Katedral Pontianak, dan Pekong Besar merupakan simbol kerununan beragama yang selau terjaga ratusan tahun di Pontianak, menjadi tidak heran jika tempat-tempat ibadah tersebut selalau ramai, dan setiap perayaan hari besa keagamaan kemeriaan sangat terasa dan sulit untuk meninggalnya. Dan sudah sangat wajar jika Pontianak Kota Wisata paling menarik di Indonesia karena semua destinasi wisata yang disajikan sangat lengkap.
www.sugengmu.org
Katedral Pontianak. By. rodajayapontianak.com

Kuliner

Pontianak sangat memanjakan untuk pencinta makanan, puluhan kuliner khas Pontianak tersaji menarik dan mengundang kita untuk menikmatinya, diantaranya
  • Bakcang

www.sugengmu.org
Bakcang

  • Chai kwe

Chai Kwe. By. kooliner.com

  • Ikan Asam Pedas

Ikan Asam Pedas. By. Royco

  • Lemang

www.sugengmu.org
Lemang. By.digulis.com

  • Lempok Durian

Lempok Durian. By. bukumasakan.com

  • Minuman lidah buaya

www.sugengmu.org
lidah buaya. By Dapursaja.blogspot.com

  • Pacri nanas

Pacri Nanas. By Resepharini.com

  • Kue Bulan

Kue Tiu Ciu. By. Tukangjalanjalan.com

So…!!! buat teman-teman tidak rugi kalau menentukan berwisata ke Kota Pontianak, sesuai pepatah Keraton Pontianak “Awak Datang Kami Sambut” yang memberikan makna siapapun yang datang ke Pontianak pastinya mendapatkan sambutan hangat dengan keramahtamahan masyarakat Pontianak.
SPONSOR By :
Produk Orifllame @onlinekatalog

Terima Kasih Anda Sudah Membantu menyebarkan Tulisan ini

http;//www.sugengmu.org

Get Free Email Updates!

Signup now and receive an email once I publish new content.

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

phone sms wa Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 081254914797 bbm Invite Pin BBM kami : DC7898